Halaman

Selasa, 03 April 2012

perbedaan Wi-fi dengan Bluetooth

Not always, but at Most .... :p
"Kirimin lagu yang barusan lo dengerin dong, gw suka tuh lagu, GPL ya....ke bluetooth kuping-kucing-kuning!...",
"Eh,, ayo dotA-an dick, nyalain wi-fi lo !! cepetan ! uda pada nungguin nih!"...

Mendengar percakapan seperti diatas sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun sadarkah kita tentang apa yang dimaksud dengan bluetooth ataupun wi-fi ? 


Bluetooth sendiri sebenarnya adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area network atau PAN) tanpa kabel. Blurtooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi diantara peralatan-peralatan.  Spesifikasi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.  Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth itu sendiri.

Sedangkan Wi-fi (baca: wai-fai) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.  Awalnya wi-fi ditunjukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.  Hal ini memungkinkan seseorang dengan komputer dengan dan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Sebagian dari kita pasti telah menyadari bahwa wi-fi maupun bluetooth adalah alat yang nirkabel dan menggunakan gelombang pada frekuensi radio untuk tujuan transmisi. inilah alasan kenapa banyak yang binggung dan mengira bahwa mereka ini sama, namun sebenarnya ada banyak perbedaan. mari kita coba menelisik lebih jauh apa saja perbedaannya.


  • Jangkauan
wi-fi telah menjadi favorit untuk membuat LAN (Local Area Network) di rumah-rumah dan kantor, hal ini jelas terlihat semenjak saat pengenalan wi-fi itu sendiri, hal ini sangat jelas karena segala proses menjadi lebih mudah seperti tidak perlunya untuk melakukan pemasangan kabel LAN untuk membentuk jaringan serta pengurangan biaya yang cukup signifikan. jangkauan wi-fi sendiri cukup tinggi, yakni kurang lebih 300 meter, sedangkan bluetooth hanya memiliki jarak standar kisaran 30 kaki.



  • Sambungan dan Instalasi
untuk masalah sambungan dan instalasi, bluetooth sendiri tidak memerlukan instalasi dan konfigurasi.  Cara kerja dari perangkat bluetooth sendiri sangat sederhana sehingga tidak memerlukan konfigurasi, cukup hanya dengan memilih perangkat bluetooth yang aktif maka kita sudah dapat mentransfer data.  jika ingin mengaktifkan bluetooth di komputer pribadi, dapat anda lakukan dengan membeli adaptor bluetooth kemudian menginstal setup yang terdapat di dalam CD instalernya. namun, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. untuk wi-fi kita masih membutuhkan penginstalan router maupun modem.

Jenis jaringan wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). sebagian besar komputer maupun laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi, sedangkan untuk bluetooth memungkinkan anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network).
  • Data Transfer
Perbedaan lain antara wi-fi dengan bluetooth adalah kecepatan transfernya, yang untuk bluetooth dapat mencapai 800kbps sedangkan wi-fi kecepatannya lebih rendah. oleh karenanya, jika anda terhubung ke internet menggunakan wi-fi, kecepatan download anda akan lebih rendah dibandingkan jika mengunakan internet broadband.
  • Aplikasi Bluetooth vs. wi-fi
Pada bagian aplikasi ini, bluetooth untuk transfer data dan file antara satu perangkat dengan perangkat lainnya contohnya seperti mengaktifkan printer. sedangkan untuk wi-fi sendiri, anda dapat mengakses database dan software dari beberapa mesin secara sekaligus, demikian juga dengan LAN yang dapat langsung diakses oleh beberapa komputer sekaligus.  

Wi-fi sendiri sebenarnya adalah teknologi lama dibandingkan dengan bluetooth. saat ini hampir seluruh laptop yang diproduksi memiliki kartu LAN didalamnya, sedangkan bluetooth sendiri merupakan teknologi yang relatif baru.  Tapi produsen laptop dan ponsel mulai mengintergrasikan fasilitas ini dalam perangkat mereka.  Perbedaan utama antara wi-fi dan bluetooth, pertama adalah jangkauan wi-fi lebih jauh di bandingkan dengan bluetooth, kedua adalah kecepatan file transfer milik bluetooth lebih cepat dibandingkan dengan wi-fi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar