Halaman

Selasa, 15 Mei 2012

PayPal


wowowowo~
telah lama berselang semenjak UTS menyerang
sekarang waktunya blogger-an lagi.. hahahaha... 
sekarang kita akan membahas tentang Paypal
sebenarnya apa sih paypal itu?
palpal itu dari kata pay = bayar dan pal = teman. jadi artinya kita mentraktir teman kita :p.
udah-udah, sebelum semakin ngaco dan OOT kita bahas aja langsung nih

Definisi PayPal

PayPal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim uang ke pengguna Paypal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktu



Paypal seperti rekening bank, pertama anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit yang dapat diterima Paypal dan anda sudah dapat menggunakan account Paypal untuk bertransaksi (Saat ini pengguna Paypal di Indonesia baru dapat menggunakan Paypal untuk pembayaran dan mengirim dana saja belum dapat untuk menerima dana)
Oktober 2006 Paypal sudah menerima 103 negara dan 16 mata uang, pengguna Paypal Indonesia masih harus menggunakan dananya dari kartu kredit dalam hitungan US dollar karena rupiah belum ada di Paypal

Ebay adalah tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar didunia, dengan pengguna lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia (data juni 2006), anda dapat mencari dan membeli apapun mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga barang-barang langka dari seluruh pengguna ebay didunia, cara pembayaran utama di Ebay adalah dengan Paypal karena lebih aman dan otomatis, meskipun ada penjual yang menerima pembayaran dengan cara lain.

Kenapa Paypal : Kencederungan orang luar negri adalah sedikit ber-mobilitas, artinya mereka jarang yang suka keluar rumah atau antri ke bank. Mereka cenderung milih bertransakasi dengan internet dan bisa di lakukan di rumah saja. 

Dalam hal keamanan, paypal memberikan kebijakan tertulis. Kebijakan tersebut menyatakan jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di sampaikan penjual, pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari setelah transaksi. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnya. Sebaliknya, Paypal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain yang tidak benar dari pembeli. Jadi, staff paypal akan menjadi pihak ketiga jika ada sengketa. Dan paypal akan bersikap tegas dan bijaksana atas sengketa yang terjadi.  Kebijakan yang diberikan paypal tersebut merupakan bentuk kepedulian paypal terhadap transaksi yang anda lakukan.

Keuntungan paypal : Perusahaan yang terpercaya. PayPal.com merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh Ebay.com ( salah satu web lelang terbesar di internet ). Hampir 90% pembayaran online di Ebay.com dilakukan menggunakan PayPal.com, selain itu pengguna PayPal lebih merasa nyaman dalam bertransaksi, karena sebagai pembeli, nomor kartu kredit anda tidak akan diketahui oleh penjual. Walaupun saat ini Indonesia masih belum bisa withdraw uang dari PayPal

Cara nya : Seperti layaknya transfer antar bank, Paypal juga sama persis cuman dalam proses ini di lakukan dengan email. Pernah ada cerita orang menggunakan “account Dollar” dari Hongkong nerima transferan uang dari Australia, USA, dan Canada, baru di kirim ke account BCA Bank Indonesia. Proses ini hanya butuh 2 hari saja. Untuk sekali proses transaksi, di-kenakan Biaya 10% buat biaya adminsitrasi. Kerena perbedaan mata uang dan kurs Dollar, 10% menurutku masih oke kok..artinya keuntungan di pihak penerima uang juga masih lumayan. Simpel bukan..? Naaah sekrang untuk indonesia sudah bisa terima uangnya langsung.

Paypal lebih aman dari alat pembayaran online lain,  Kebijaksanaan perlindungan tertulis untuk pembeli yang menggunakan Paypal menyatakan pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di beritahukan penjual. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnya.

Paypal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain tergantung situasi dan pembuktian. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim pembeli yang mengaku telah mengirim uang yang tidak ada catatan bukti pembayarannya, setiap pembelian menggunakan Paypal selalu ada catatan bukti pembayarannya di account Paypal pengirim dan penerima uang, sebagai bukti jika benar telah terjadi pengiriman uang.

Dari sini bisa diambil kesimpulan menggunakan Paypal lebih aman dari alat pembayaran online lain bagi pengirim dan penerima uang karena ada bukti pembayaran dan dapat melakukan komplain jika terjadi sesuatu.

Persyaratan umum
Pemegang account Paypal harus berusia minimal 18 tahun atau lebih dan mempunyai :

1. Alamat email = Sebagai username account Paypal anda nantinya
2. Kartu kredit = Pengguna Paypal Indonesia saat ini baru dapat menggunakan kartu kredit untuk mengisi dana account Paypalnya pertama kali, dan hanya kartu kredit dari bank tertentu yang diterima
3. Kartu debit (Indonesia belum bisa)
4. Rekening bank (Indonesia belum bisa)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar